Kamis, 01 November 2018

MANAJEMEN LIMIT AT DAN MAX LIMIT PADA MIKROTIK ROUTER

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sebelum kita memulai untuk mengkonfigurasi atau memanejemen bandwith melalui winbox, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu limit at dan max limit. Max Limit adalah bandwith maksimal yang bisa didapatkan oleh klien ketika jaringan tidak sibuk, sedangkan limit at adalah bandwith maksimal yang bisa didapatkan oleh klien ketika jaringan dalam keadaan sibuk atau banyak klien aktif yang terhubung pada router.

Mari kita meng konfihurasi mikrotik untuk membatasi bandwith pada client yang terhubung.
Persyaratan :
1. Pastikan Client dapat terkoneksi pada internet,
2. Siapkan laptop yang sudah terinstall winbox versi terbaru


Langkah – Langkah :
1. Login pada winbox yang sudah terkoneksi dengan mikrotik yang akan dikonfigurasi.
2. Klik menu Queues pada menu bar disamping kiri winbox

3. Setalah itu untuk membuat manajemen bandwith limit at dan max limit, pada bagian simple queues klik simbol tambah untuk membuat konfigurasi baru.
4. Lalu kita memulai konfigurasi seperti berikut :
a. Name : ( yaitu nama konfigurasi untuk memudahkan kita bila suatu saat ingin mengubahnya lagi, disini saya menggunakan nama NewQueues )
b. Target : ( yaitu alamat/ IP Address dari client yang hendak kita batasi bandwithnya, disini client saya menggunakan ip 192.168.0.3 )
c. Max limit target upload dan download ( kita bisa mengetikkan sendiri alias custom atau memilih satuan yang sudah disediakan dengan meng klik tombol panah bawah )
5. Setelah kita mengkonfigurasi max limit, selanjutnya kita konfigurasi limit at ( masih pada bagian simple queues ). Caranya masuk pada tab general lalu masukan limit at yang akan kita berikan pada client.
6. Setelah itu apply dan ok, lalu lihat apakah pada tab queue list, simple queue terdapat pengaturan baru jika iya tandanya konfigurasi yang kita lakukan telah tersimpan, untuk mengetahui apakah sudah berhasil atau belum buka web testspeed dari client atau target yang kita konfigurasi.